MENULIS BUKU

                 BERSAMA PENULIS HEBAT

 

                Malam ini pertemuan yang ke 26 dalam pelatihan  belajar  menulis  dengan Narasumber hebat Bu Umi Rosidah, M.Pd.I,  seorang guru SMP Negeri 2 Kepung.  memiliki segudang prestasi seperti Perlombaan, Organisasi juga Wisudawan Terbaik Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri Tahun 2013. Prestasi yang luar biasa karna telah mampu menerbitkan beberapa karya  buah buku. Sangat luar biasa,  Juga yang tak kalah hebatnya moderator ibu Aam Nurhasanah, S.pd, dari lebak banten yang selalu setia menemani malam – malam yang menurutku selalu hangat dalam menghantarkan ke ruang kelas.

 

        Malam ini begitu panas, untunglah ada  angin yang masuk dari sela-sela lubang angin, sehingga tak menyurutkan jari-jemari untuk mengetik, tak menyudutkan pikiran  untuk  memberi  pengalaman  menulisku,  pada sebuah kegiatan menulis resume ke 26 untuk menulis buku,  aku tahu tak semua orang suka  menulis tapi  aku yakin  banyak  yang  suka.

         

PROFIL PENULIS HEBAT

https://web.whatsapp.com/#

        Menurut bu Umi  bagaimana menjadi guru Inovatif dan Inspiratif, menjadi guru akan di hadapakan pada berbagai tantangan, kendala dan hambatan, oleh karena itu kita perlu inovasi yang inspiratif, inspirasi dan inovatif untuk itu kita belajar bersama untuk mewujudkannya.

 

        Mari kita bertanya kepada kita sendiri apa karya terbaik kita selama menjandi guru dan penulis,  kita pasti memiliki karya, dalam bentuk apapun itu karya yang kita buat dengan sungguh-sunguh pasti akan menunjukkan jalan menuju kesuksesan, 

 

 

 

        Guru adalah teladan, jika guru belajar peserta didiknya juga akan terus belajar, jika guru berhenti belajar maka peserta didiknya juga tidak akan pernah berkembang,

https://risalahmisteri.com/novel-detail-isi/413/mimpimimpi-02122020193042

 

        Menurut Bu Umi bahwa Modal Utama Mencapai Prestasi adalah Mimpi dan Implementasi, agar mimpi tidak hanya menjadi sekedar mimpi maka harus ada tindakan yang aktual yang benar-benar kita lakukan dan kita laksanakan.

 


Mngapa  berbicara seperti itu, karena kita merasa dari semua yang telah kita capai, itu semua karena siswa kita. karena tugas utama kita mengajar, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu memberikan layanan yang terbaik untuk peserta didik kita, dan pada akhirnya Allah akan membukakan jalan terbaik untuk kita.

 

        Jangan berkarya karena kita ingin menang, karena jika kita tidak menang kita akan kecewa dan berhenti berkarya, maka berkaryalah untuk peserta didik kita, sehingga kita akan terus berkarya karena mendidik adalah bagian dari hidup kita, bagaimana caranya:

 

§  Terus menerus melakukan inovasi

§  Terus mencari solusi terhadap setiap kendala

§  Serta mengajar dan mendidik dengan hati dan penuh cinta

 

Karya akan menjadi hebat jika ada akselerasi:

§Tingkatkan literasi baca

§  Tingkatkanliterasi menulis

§  Tingkatkanliterasi digital

§  Diskusi,kreasi, dan kolaborasi

 

        Untuk literasi membaca dan menulis kita yakin dapat  melakukannya, dan kita melihat banyak penulis-penulis hebat di grup yang luar biasa, akan tetapi yang tidak boleh kita lupakan adalah bagaimana meningkatkan literasi digital. karena literasi digital ini sangat penting di era globalisasi  saat ini, di mana teknologi dan komunikasi telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari.

 

        Jika seorang gurunya gagap teknologi, maka kita tidak akan bisa membekali peserta didik, dengan ketrampilan digital yang sangat mereka perlukan di masa depan.

 

        Selain itu saat kegiatan-kegiatan perlombaan maupun event forum ilmiah tingkat nasional banyak menggunkan portal digital dalam seleksi awalnya dan

 

Selanjutnya,  Mengapa kita perlu diskusi?... seringkali sebuah karya tidak terealisasi karena kelemahan kita dalam memunculkan ide, dengan berdiskusi kita bisa mencari inspirasi dari orang lain kemudian menterjemahkannya dan memodifikasinya dan pada akhirnya akan muncul sebuah kreasi  kemudian kita sempurnakan menjadi sebuah inovasi.

 

         dan Inovasi yang kita buat akan menjadi hebat jika kita bisa melakukan kolaborasi, baik dengan siswa maupun rekan sejawat kita,

Akselerasi akan jadi prestasi jika kita memiliki prestasi :

§  Konsisten dengan keteladanan

§  Konsisten dengan karya

§  Konsisten dengan belajar

§  Konsisten untuk berbagi

        Maka dengan Konsistensi akan menjadi Inspirasi bagi orang lain untuk melakukan, hal yang sama dengan yang  kita lalukan, inilah prestasi yang sesungguhnya, jika kita melakukan hal baik dan orang lain terinspirasi dan melakukan hal yang sama dengan yang kita lakukan.



     Ini tugas berat kita sebagai seorang pendidik, Karena kitalah Pelukis masa depan generasi muda, Menjadikan mereka pribadi-pribadi yang 

unggul Untuk kejayaan Bangsa Indonesia,

 

 

 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELINTAS Media literasi, Hadir Sebagai Bagian Pelengkap Dari KBMN

SMA PGRI Sindangsono Gelar Ujian Akhir, Siswa Kelas 12

Kebahagian Keluarga Kecil, Menguliahkan Anak Sampai Menyandang Gelar Serjana.