“LANGKAH-LANGKA MENULIS CEPAT”



 

SEKILAS PROFIL PENULIS

Malam ini pertemuan yang ke 25 dalam pelatihan  belajar  menulis  dengan Narasumber hebat Bu Salamah  seorang guru kelas lima SDN 2 Wonosobo.  memiliki kepribadian yang ceria dan cerdas. Prestasi yang luar biasa karna telah mampu menerbitkan 30 buah buku. Sangat luar biasa,  Juga yang tak kalah hebatnya moderator ibu Aam Nurhasanah dari lebak banten yang selalu setia menemani malam – malam yang menurutsaya selalu hangat dalam menghantarkan keruang kelas.


Bu Salamah, adalah seorang penulis menurutnya menulis itu sesuatu yang menyenangkan apa lagi  menulis  cerita atau  novel  terkadang kita lupa atau menganggap bahwa menulis itu pekerjaan  yang berat padahal  kita setiap  hari sudah menulis di media misal Facebok atau WA. Apa bedanya  dengan menulis artikel,  jurnal  dan lain-lain.


Menulis bukan sesuatu  yang sulit,  menulis sesuatu yang menyenangkan,  hanya  perlu niat dan grerget untuk melaksanakan itu. 

Kita juga harus paham Jenis paragraf yang akan kita tulis 

1. Deskriptif 

2. Naratif

3. Eksposisi

4. Argumentasi  dan lainya. Kita harus paham.


Kemudian  tulisan itu digunakan untuk apa. Ketika Kita tahu dasar dasar menulis,  maka menulis itu akan mudah.


CARA MENULIS BUKU:

·                     Ide. 

·                     Menentukan genre buku. Fiksi atau non fiksi?. 

·                     Tentukan tema. 

·                     Membuat judul. 

·                     Menyusun lay out.

·                     Mencari referensi .


Menulislah setiap hari, jadikan kebiasaan, untuk siapapun yang ingin menjadi penulis. Maka menulis dari sekarang, dari hari ini, sampai tulisan kita menjadi sebuah karya. 


TIPS PENULIS PEMULA

Untuk penulis pemula dapat memulai dengan menulis faksi. Apa itu faksi? Cerita fakta tapi fiksi. Menceritakan hal yang terjadi disekitar kita dengan cara fiksi. Contohnya menceritakan tentang seorang siswa kita dalam bentuk narasi.


          Untuk penulis pemula bisa diawali dengan menjadi penulis indie. Penulis indie adalah penulis yang menulis sendiri, mengedit sendiri dan menerbitkan dengan biaya sendiri. Sementara  orang sudah mampu menjadi penulis mayor, dimana si penulis mengirimkan naskah tulisannya ke penerbit, kemudian diedit oleh penerbit, biaya penerbitan semua dari penerbit dan penulis akan menerima royalti berdasarkan MOU. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELINTAS Media literasi, Hadir Sebagai Bagian Pelengkap Dari KBMN

SMA PGRI Sindangsono Gelar Ujian Akhir, Siswa Kelas 12

Kebahagian Keluarga Kecil, Menguliahkan Anak Sampai Menyandang Gelar Serjana.