Cari Blog Ini

Jumat, 30 Oktober 2020

GURUKU IDOLAKU

 







Resume 12 Belajar Menulis Gelombang 16

        Rasa Syukur Saya Panjatkan Ke Hadirat AllaH Yang Maha   Kuasa, yang telah melimpahkan, berkat dan rahmat-Nya, sehingga kita masih memiliki motivasi yang kuat untuk terus, menggali minat belajar menulis, dalam

kesempatan ini saya menyampaikan rasa terima kasih kepada Teman-teman yang sudah memberi arahan, ilmunya dikala  teman-teman berjalan-jalan dan mau menyempatkan singgah atau mampir di rumah ku yang masih dalam ke adaan pembenahan.

Pertemuan  Malam ini seperti biasa di buka  oleh Ibu Aam Nurhasanah sebagai Moderator selang beberapa menit di lanjutkan oleh  Narasumber Ibu Theresia Sri Rahayu. Dalam perkenalannya, beliau asik di sapa  dengan seapaan Cikgu Tere, sesuai  alamat blog beliau, https://www.cikgutere.com.

Malam ini  beliau  mengangkat topik, "Bukan Guru Biasa". Topik ini beliau sampaikan untuk berbagi pengalaman kepada peserta menulis, terkait proses penulisan dan penerbitan buku. Mengapa beliau  mengangkat topik, "Bukan Guru Biasa?" Karena menurut beliau, peserta menulis, semua yang mengikuti kegiatan pelatihan belajar menulis malam hari ini adalah  Guru-guru yang  hebat dan luar biasa. Bahkan, layak menyandang predikat, "Bukan Guru Biasa", menurut beliau dalam pembahasan di materi belajar menulis Saat ini, kita berada dalam masa pandemic.

Di mana kita dipaksa untuk beradaptasi dengan segala bentuk perubahan, dan pada setiap perubahan itu, pasti kita akan mengalami situasi yang tidak nyaman. Akibat dari ketidakbiasaan tadi, banyak Guru di luar sana yang memilih untuk menyerah pada keadaan, dibandingkan dengan menciptakan situasi baru atau keluar dari situasi yang dianggapnya tidak nyaman, hal ini tentunya akan menjadikan situasi pandemi saat ini sebagai sebuah masalah atau bahkan musibah, namun, tak sedikit juga, guru yang justru menemukan berkah di balik musibah. Yang tadinya tidak mengerti dengan pembelajaran daring berbasis teknologi, sekarang sudah pintar menyelenggarakan kelas online, bahkan bisa mengajari rekan Guru yang lain. Yang tadinya tidak bisa menulis buku, sekarang bisa menulis buku. Dan masih banyak kisah sukses lainnya.


KISAH SUKSES SEORANG GURU

Beliau juga bercerita  terkait pengalaman awal menjadi  seorang Guru yang kebingungan dengan kondisi seperti saat ini. Sampai akhirnya, beliau bergabung dengan grup WA pelatihan belajar menulis gelombang 4. Saat itu beliau juga  tergabung dengan Pak Brian dan di grup yang sama. https://sittihasnidar.blogspot.com/2020/10/bukan-guru-biasa.html

Menurut beliau dari awal menulis resume sebagai rangkuman materi belajar, sampai menulis artikel untuk lomba, dan bahkan menulis bacaan  untuk di manfaatkan dalam pembelajaran, beliau juga  menulis buku untuk berbagai kepentingan, banyak proses yang dilalui untuk dapat menulis artikel dan bahkan buku. Perlu jam terbang, konsistensi, dan kesadaran dari kita masing - masing. Ucap Beliau  sendiri senang menerima tantangan yang diberikan oleh para Narsumber, seperti Bunda Lilis Sutikno yang menantang agar jadi penulis resume tercepat dan menulis buku dalam waktu seminggu bersama Prof. Richardus Eko Indrajit dan Penerbit Andi.

https://www.cikgutere.com/2020/03/kiat-membangun-branding-melalui-blog.html

Dari hasil kerja keras dan keyakinan yang kuat  akhirnya buku beliau  yg terbaru, yang berjudul Bukan Guru Biasa. Diterbitkan oleh penerbit indie dgn jumlah halaman 230 hlmn.



Motivasi Seorang Guru Sukses

Dari hasil kunjungan beliau  melalui Blog menurut keyakinannya banyak diantara yang sudah sangat baik dalam menulis, beliau yakin, jika kegiatan pelatihan ini, bahwa kita  pasti dapat menulis buku karya sendiri dengan baik karena:

1.   Dalam segi  Alurnya jelas dan kalimat

2.   Kalimatnya rapi sehingga paragraf pun menjadi padu

3.   Resumenya  enak untuk dibaca karena isinya mengalir.

4.   Penulis harus yakin dulu bahwa  kita  bisa menulis buku

5.   topik - topik menarik tersebut bisa dijadikan topik buku

6.   belajar membaca situasi dan kebutuhan saat ini

Misalnya:  

-     menulis dengan Tema Guru Pegerak

-     menulis terkait Belajar merdeka

 

Pengalaman  dan Alasan Seorang guru

a.  Pengalaman

Berdasarkan  pengalaman dan alas an  dalam menulis buku yang beliau kemukakan untuk rangkum dengan kata IDOLA.

I = Identifikasi topik menarik

D = Daftar semua judul luar biasa

O = Outline terperinci akan membantu

L = Lanjut menulis isi bab

A = Atur layout sesuai permintaan penerbit

 

b.           Alasan  

1.           Awal beliau  menulis sejak dari kelas 3 (Tiga) SD,  berangkat dari hobi, menulis cerita dan bahkan buku sederhana yang dikliping.

2.         Bergabung dengan penulis lain, membuat beliau terus termotivasi untukbelajar jurus - jurus baru dalam menulis.

3.           Menulis adalah sarana menuangkan ide atau pemikiran yang sangat produktif, Kita bebas menjadi siapa saja dan menggali imajinasi kita seluas – luasnya.

4.     Menulis mendatangkan banyak manfaat, di antaranya berbagai apresiasi sebagai bonus dari menulis. Contoh apresiasi blogger inspiratif,

Menurut beliau utarakan bahwa Keterampilan menulis  harus  terus menerus terasah dan akhirnya tanggal 1 Oktober 2020, dari ke gigihannya beliau  mendapat apresiasi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Dasar Kemdikbud sebagai Kreator Konten Artikel Terbaik dalam Lomba Pancasila Bakti 2020, hadiahnya sangat besar yaitu 10 juta rupiah, dalam bentuk media pembelajaran, bayangkan ketika tulisan kita sebanyak 3 - 4 halaman dibayar dengan nominal seperti di atas ?  ujar beliau “.

Semuanya berawal dari penulis yang kecil dulu, namun lama kelamaan karya tulisnya akan dihargai orang, asalkan, kita terus konsisten dalam menulis. Bisa di blog maupun di media sosial.

Untuk dapat memantaskan diri menjadi bagian dari "Bukan Guru Biasa", hendaknya kita selalu melakukan 3 B yaitu:

-           Belajar, Berkarya, Berbagi.

-           Cari ilmunya, tuangkan lewat karya nyata, dan

-            bagikan karya tersebut hingga dapat menginspirasi orang lain.

 

Denagan menulis setiap hari, Niscaya, kulit kita akan menjadi segar dan awet muda,akibat kandungan manfaat yang luar biasa  dari enegi yang di keluarkan ketika jari – jemari mulai mengetik kata-kata.


21 komentar:

  1. Mantaaap pak... sy suka kalimat closingnya..

    BalasHapus
  2. Terina kasih sdh mengerjakan tugas resumenya dengan baik

    BalasHapus
  3. mantap pak...
    ijin bertanya: gimana supaya alamat link bisa berubah biru ketika Fublish seperti pada resume bapak...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ibu, ketik link di word (jgn lupa beri spasi 1, spy tulisan jadi biru = menjadi tautan). Lalu 'copy' penuh link itu, dan 'paste' di halaman blog. Jadi deh ...

      Hapus
  4. Link Jika saya tulis di word biru namun, jika sudah saya publikasikan berubah . Tolong bagi ilmunya pak

    BalasHapus
  5. Good job, pak Marinan. Tapi hati hati dengan kalimat yg panjang spt pesan pak Brian.

    BalasHapus
  6. Resume nya lengkap, pak.
    Kalau boleh beri saran, untuk poin-poin nya bisa diedit lagi supaya tampak rapi pak.

    BalasHapus
  7. Bagus ya.. terkonsep.. sy jg ingin bisa sprti ini

    BalasHapus
  8. Terimakasih ya, ibu,bpk atas masukannya, moga jadi perbaikan sll

    BalasHapus
  9. Oke, saya ikut komen. Lebih bagus mungkin diperbanyak bahasa sendiri. Jadi lebih jitu. Sip!

    BalasHapus
  10. Terima kasih utk resumenya, Pak. Saya sepakat dengan closing statement nya. 😁😁

    BalasHapus
  11. ada kata depan (di) yang harus diperbaiki

    BalasHapus
  12. Trrimakasih sarannya, mg bisa jd ilmu

    BalasHapus
  13. Resume lengkap. Setuju bagian penutupnya. Namun, agak sedikit terganggu dengan penggunaan tanda baca dan penulisan. Tabik. 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekadar tambahan pada paragraf dua, ... seperti biasa dibuka oleh Bu Aam ... Menurut saya kalimat ini tidak tepat. Selain penggunaan kata 'di' juga terkesan setiap sesi Bu Aam yang menjadi moderator. Padahal kan moderator bergantian. Saran perbaika: Pertemuan malam ini seperti biasa dibuka oleh moderator. Malam ini Bu Aam bertindak sebagai moderator. Selang beberapa menit kemudian dst. Tabik. 🙏

      Hapus
  14. sambil menata layout tulisan

    BalasHapus
  15. Terimakasi untuk saran dan masukanya insyallah ini jadi ilmu buat sy🙏

    BalasHapus