KIAT - KIAT MENULIS


Gelombang 16 kelompok 5

Assalamualaikum Wr.Wb,

Terimakasih Narasumber ibu Sri Sugiastuti lebih akrab di pangil Ibu Kanjeng, atas paparan materi menulisnya   dan Omjay, Ibu Aam Nurhasanah  malam ini buka Narasumber malam ini adalah Ibu  Sri Sugiastuti atau lebih akrab dipanggil Bu Kanjeng dan mudah-mudahan saya yang fomula bisa belajar banyak dari semuanya.

 

 



 

 Beliau pun Perbit buku antologi “ Diary Ketika Buah Hati Sakit”. Naskahnya sebagai pemenang ke 3.  Buku kroyokan.Itulah sekilas pandang riwayat hidup bu Sri Sugiastuti berbagi untuk kita semua di kuliah menulis mala mini

Ibu Kanjeng adalah motivator, inspirator hebat,malam ini seperti biasa pertemuan ke 5 dikesempatan kali ini bagi penulis. Mengawali materi ibu Sri Sugiastuti membagi  postingan beberapa  buku sebelum pandemi,buku antologi buku karya Ibu Sri Sugiastuti sendiri.

Dengan materi bu Sri Sugiastuti mengajak peserta Kuliah  menulis untuk mencermati dan memperhatikan judul buku yang diposting , buku memoar , motivasi dan kumpul artikel, hikmah dimasa pandemi membuat kita semakin sadar untuk percaya diri, Ibu Sri Sugiastuti mengapresiasi juga  peran Omjay mengajak guru untuk bisa menulis dan menerbitkan.

Alhamdulilah sangat bersyukur kepada  Ibu Sri Sugiastuti yang akrab di panggil ibu kanjeng, Semoga dimudahkan Tuhan dalam segala urusannya untukselalu   berbagi, bersilaturahmi  dengan peserta kuliah,  menulis  bisa mengendorkan pori-pori jari dan bisa menggugah hati  bersama Ibu Sri Sugiastuti juga mengajak peserta menjadikan menulis merupakan kebutuhan yang penting, menulis bagi guru merupakan aktivitas sehari-hari dalam  menyusun peangkat Pembelajaran ,

A.           Langkah-langkah yang  dilakukan untuk menjadi  penulis:

1.       Banyak membaca,apa yang kita baca amat menentukan gaya kepenulisan kita.

2.       Mencoba menulis dengan reperensi buku, ataupun di media sosial Semakin banyak kita menulis maka kita semakin mengasah kemampuan kita untuk menulis.

3.       Usahakan menulis setiap hari, niscaya Kulit kita pun akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaatnya yang luar biasa.

4.       Mengirimkan tulisan ke Blog, Instagram  atau  ke penerbit buku.

B.      Manfaat Menulis

1.            Menulis dapat menjernihkan pikiran

2.            Menulis dapat mengatasi trauma

3.            Menulis dapat membantu memecahkan masalah

4.            Menulis bebas membantu kita ketika terpasa harus menulis

C.            Menulis harus pandai Mencari Ide :

1.            Ide adalah hal penting dalam berkarya. Untuk membuat sebuah tulisan membutuhkan ide. Berikut adalah beberapa tips mencari ide.

2.            Bacalah sebanyak mungkin buku.

3.            Pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi untuk menyegarkan otak dari rutinitas.

4.            Tulis apa yang bisa Anda tulis Jika Anda belum mendapatkan ide, cobalah.

5.            Cari referensi di berbagai media misalya Facebok, instagram

6.            Anda  bisa menggunakan cara  mengamati dari berbagai sumber yang kita baca.

D.                Yang harus diperhatikan Sebelum mengirimkan naskah ke penerbit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1.            Teliti kembali kemudian Siapkan naskah yang Rapi

2.            Pilih Penerbit yang sesuai dengan jenis naskah yang kita tulis.

3.            Perhatikan tata cara dan ketentuan mengirim naskah ke penerbit yang bersangkutan. Misal, ada penerbit yang hanya menerima naskah dalam bentuk cetak, ada pula penerbit yang menerima naskah dalam bentuk file lewat email. Dalam ketentuan pun biasanya penerbit berbeda-beda.

4.            Misalkan untuk penerbit tertentu mensyaratkan naskah 10-15 halaman, kemudian ketentuan margin, dan ketentuan lain sebagainya.

5.            Kirimkan nas

 Alhamdulilah dalam mata kuliah mala mini banyak yang pelajaran dalam teknik menulis yang banyak dipaparkan  dalam materi Ibu Sri Sugiastuti  baik Memilih dan  memperhatikan judul buku yang diposting , buku memoar , motivasi dan kumpul artikel, baik ditingkat pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi.

Sampai ke sesi pertanyaan semua peserta kuliah di perkulihan Ibu Sri Sugiastuti sangat merespon semua pertanyaan beragam sampai di penghujung acara, pertanyaan-pertanyaan peserta kulih malam ini di layani dan di selesaikan saya banyak belajar dan menemukan rasa yang dirasakan dalam perkuliahan ini



KIAT - KIAT  MENULIS

Oleh : Marian, M.Pd

 


Awal Belajar Menulis

Sejak duduk di bangku Kuliah   tepatnya di STKIF SETIA BUDHI Rangkas Bitung,

saya menyukai Buku-buku yang di tulis oleh salah satu dosen, dan  saya juga sangat menyukai  departemen -mdepartemen pemerintah dibidang pendidikan,  dan kampus-kampus besar yang ada di Indonesia, bahkan

pernah ke jogya. Koresponden saya tentang Stadi Banding , atau  Belajar Pendidikan yang ada disana untuk menambah Pengetahuan dan Keilmuan bidang Pendidikan  . banyak hal yang dapat setelah pulang dari stadi banding itu.

 

Sejak menjadi Guru honor disala di satu sekolah , ada tuntutan bagi saya  untuk pengembangan diri. Salah satu bentuk pengembangan diri adalah pembuatan karya tulis . Juga bisa pembuatan artikel atau jurnal baik nasional maupun internasional. Sekitar tahun 2016, saya pernah mengirim sebuah tulisan (Majalah Tabloit) milik Tapen Kabupaten tangerang. Semenjak itu saya rajin menulis ke Tabloit, tapi selalu gagal tidak terbit. Mungkin kurang berkualitas isinya. Kegagalan tersebut tidak membuat saya putus asa untuk menulis lagi.

Saya mencoba membuat Pembelajara berkekter disekolah. Itulah awal kisah saya kenapa saya ingin menulis. Yaitu karena tuntutan profesi saya sebagai guru.

Sedikit kisa, saya pernah ke Perpustakaan dan melihat banyak buku-buku bahan Referensi yang tertata rapi di rak. “Kapan ya saya Punya buku sebanyak itu hasil karya saya, ucap batin saya.

 

Awal mula saya tahu dan akhirnya memutuskan ikut grup belajar menulis Om Jay

Pada tanggal 08 Oktober 2020 saya ngobrol denagan salah satu Staf  di kantor PGRI  Pusat tentang pelatihan guru-guru seperti webinar akhirnaya saya kasih Link Pembelajaran Menulis Gelombang 16. Ternyata saya lihat ada sekitar hampir 250 peserta se nusantara. “Wah ini yang ditunggu,”ucap batin  saya. Tepat tanggal 08 Oktober 2020 sekitar pukul  12.26 WIB, saya putuskan untuk masuk grop belajar menulis on line, dan ternyata saya masuk gelombang 16.

Di grop belajar menulis on line berbagai info diberikan oleh Om Jay. Termasuk kapan dimulainya belajar tersebut. Saya sudah tidak sabar lagi ingin sekali melatih kemampuan menulis. Termasuk info penerbitan dan ISBN yang ditunggu-tunggu. Info-info tersebut semakin menambah tekad saya untuk semangat menanti pelaksanaan belajar menulis on line.

 

Kesan pertama tentang blog dan manfaat setelah menggunakan blog

Pada tanggal 19 Oktober  2020, pukul  15.01 WIB ada info dari Pak Brian, bahwa sebelum pelatihan di grop dimulai peserta harus sudah memiliki blog. Saya teringat pernah membuat blog saat ada pelatihan di sekolah. Waktu itu sekitar tahun 2015,tapi sudah tidak aktif kemudian saya membuat blog baru kanra itu salah satu sayarat ikut pelatihan menulis Onlene dengan Link https://marinan80.blogspot.com/2020/10/siapbelajar.html dan saya meminta kepada teman-teman yang ada di griuf untuk komentar di blog yang baru saya isi.

Banyak manfaat yang saya peroleh dengan memiliki blog. Saya bisa melatih untuk menulis tema-tema yang dianggap penting. Inilah tema penting yang saya dapat dari belajar dari Gruf Belajar Menulis Gelombang 16 di gruf Om Jay

https://marinan80.blogspot.com/2020/10/siapbelajar.html

https://marinan80.blogspot.com/2020/10/belajar-menulis-viii.html

https://marinan80.blogspot.com/2020/10/belajar-menulis-gelombang-16_20.html

Sejak saat mengikuti pelatihan belajar menulis on line bersama Om Jay, saya terus mencari tema-tema yang bisa dijadikan tulisan.  Kadang  lagi buat status di facebook  saya buat  tulisan dengan diberi tulisan yang menggambarkannya kehidupan. Seakan tidak bisa dihentikan keinginan untuk selalu menggambarkan suatu dengan tulisan

 

Materi yang paling saya ingat dari Narasumber  Bu Kanjeng

Materi yang paling saya ingat dari Narasumber Bu Kanjeng adalah tentang hal berikut :

1.      Tips Menulis :

Ø  Banyak membaca,

Ø  Mencoba menulis ( di komputer, buku harian, medsos, dan blog )

Ø  Mengirim tulisan ke media cetak/ penerbit

Ø  Terus menulis walau ditolak.

2.      Tips Disiplin Menulis :

o   Buatlah target

o   Fokus menyelesaikan tulisan

o   Reward dan punishment

o   Memilih judul yang menarik

o   Sesuaikan dengan tema tulisan.

o   Buat judul dengan kata yang mudah diingat dan membuat orang penasaran untuk membaca isinya.

3.      Tips Mencari Ide :

v  Bacalah sebanyak mungkin buku

v  Refreshing

v  Tulislah apa yang bisa ditulis

v  Cari referensi dari berbagai media.

v  Bisa juga ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

4.      Cara Mengirim Naskah ke Penerbit :

§  Siapkan naskah yang rapi

§  Pilih penerbit yang sesuai dengan jenis naskah

§  Perhatikan tata cara pengiriman dan ketentuan mengirim naskah ke penerbit yang bersangkutan.

§  Kirimkan naskah beserta sinopsis dan biodata penulis.

Dan yang paling utama adalah tiada kata terlambat untuk menuli

PROFIL

Nama : MARINAN,M.Pd



            Dilahirkan di Tangerang, tepatnya Desa Pondok Rt03/03 , Kec. Sindangjaya  Kab. Tangerang, pada tanggal 13 Juli  1976. besar di Rangkas bitung, kemudian tahun 1980, tanmigrasi ke sumatra, lampung tepatnya desa suban kecamatan katibung lampung selatan. 

Merupakan anak ke Enam dari enam bersaudara dari pasangan Moh. Napis dan Marnah. Menempuh pendidikan dimulai dari SDN 1 Karang raja  Lampung selatan (lulus tahun 1983), MTs Al Ikhlas (lulus tahun 1993), SMA Tunas Harapan (lulus tahun 1995), STKIP SETIA  BUDHI (lulus S1 Pendidikan Bahasa Indonesia tahun 2010),  Universitas Indra Prasta PGRI (UNINDRA) (lulus S2 Master Pendidikan Bahasa Indonesia tahun 2018). Penulis adalah guru Swasta  mata pelajaran Bahasa Indonesia  di SMA PGRI Sindangsono, yang mempunyai hobby membaca dan bertanam. Mempunyai cita-cita yang bermanfaat bagi orang di  sekitarnya, agama , bangsa dan negara. Menjadi orang yang sukses di  dunia dan akhirat.

 



Komentar

  1. Maaf sekedar saran pak. Postingan ini judulnya kosong. Silakan diisi judulnya pada kolom yang tersedia di blogger.com

    BalasHapus
  2. Iya, terimakasih msukannya🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELINTAS Media literasi, Hadir Sebagai Bagian Pelengkap Dari KBMN

SMA PGRI Sindangsono Gelar Ujian Akhir, Siswa Kelas 12

Kebahagian Keluarga Kecil, Menguliahkan Anak Sampai Menyandang Gelar Serjana.