TEHNIK MENULIS

 

   



  













Belajar Menulis Gelomnang 16
Resume : 9
Moderator : Ibu Fatimah
Narasumber : Encom Rahman

Assalamualaikum,wr.wb

         Saya ucapkan terima kasih Kepada Bapak H. Encom Rahman,  dan ibu fatimah, yang sudah memandu acara malam ini  dan tak lupa kepada Om Jay, di pelatihan menulis malam ini, saya banyak menimba ilmu tentang bagaimana  menulis  bisa di muat di Koran-koran dan majalah .

RAHASIA SUKSES PENULIS

proses awal kronologis,  mengapa   tertarik bisa menulis artikel banyak di koran dan hingga mencapai 500 artikel  lebih, tulisan-tulisan yang dimuat di koran dan ini menjadi wasilah Beliau menjadi juara 1 tingkat nasionaljuga guru Penerima  penghargaan intenasional di tailan, beliau  tertarik dan terjun di dunia tulis menulis, beliau berani untuk mencoba melakukan penulisan untuk orang lain  karena memang belum tahu ilmunya, tidak tahu caranya, dan bagaimana harus beliau lakukan, sehingga beliau pada saat itu waktu di SMP beliau lebih banyak menuangkan tulisan-tulisan, lewat   majalah dinding, ada rasa kebanggaan dan apresiasi apa yang beliau tulis, dari tulisan-tulisan kecil itu beliau terus termotivasi untuk menulis  cerpen, artikel  kemudian mulai merambah  dan coba-coba waktu itu mengirimkan tulisan temen-temen yang punya prestasi, beliau kirim melalui koran kerena desakan untuk terus menulis bukan hanya pinansial sebenarnya, bukan hanya honorarium, tapi ada kenangan tersendiri ketika bisa menulis dari awal itulah sebenarnya beliau mulai menyenangi dunia tulis-menulis seperti :

Ø  mengirimkan hal-hal yang sederhana lewat surat kabar namanya harian umum Pikiran Rakyat Bandung.

Ø  mengirimkan gambar  kartun kebetulan belaiu bisa menggambar banyak kartun dan hampir sampai hari ini sekitar  150 kartun yang sudah dimuat di berbagai majalah nasional dan lokal

Ø 

MUTIVASI PENULIS                                                   

  • Dalam menulis beberapa hal yang perlu kita lakukan adalah mencoba menulis ke koran majalah, atau media lain andai pun belum dimuat juga itu jangan sampai patah arang, maka hal yang terpenting adalah mungkin judulnya Kita tidak sesuai dengan harapan itu tidak mewakili pembaca sebagai besar, atau kalah bersaing di dalam proses yang dibicarakan oleh masyarakat atau public.

- Dalam Penulis Femula dalam menulis artikel sebaiknya Saran beliau kalau memang mengirim artikel ke koran, sebaiknya jangan dulu kirim ke tingkat nasional kirim yang sifatnya lokal.

-    Ketika mempunyai minat  menulis hendaknya di kembangkan melalui berbagai sarana, seperti menulis di koran/tabloid/ majalah dan sebagainya.

MENGIKUTI KOMUNITAS

-       Dengan komunitas para penulis salah satu kegiatan bagaimana cara membuat artikel yang baik cara menulis cerpen yang baik

-    Dari uraian yang disampaikan dapat di simpulkan bahwa ternyata ketika kita memiliki  komunitas dapat mendukung penulis kemudian kita sering bertemu dengan orang-orang yang suka menulis setidaknya  ada hatinya,  begitu  merasa malas nya ketika kita rajin mengikuti kegiatan-kegiatan kepenulisan yang sama ada motivasi kembali dan untuk terus berkarya.

Terima kasih malam ini, banyak sekali yang bisa saya jadikan bahan pelajaran untuk selalu melatih insting menulis, hobi menulis;

pertama ketika kita  terjun jadi penulis produktif, menulis itu sebagai salah satu ladang amal ibadah, dan  menjadi salah satu amal jariyah yang mudah-mudahan tulisan kita lebih panjang lebih lama dari usia kita seperti para sahabat para ulama yang lurus, sudah tidak ada, sudah meninggal tapi bukunya kitab-kitab-nya sampai hari ini lebih lama ketimbang usia mereka semua, yakinkan bahwa bagian proses untuk menjadi amal jariyah, dan mudah-mudahan ini menjadi Jalan penolong kita dari hal-hal yang mereka itu semua dalam prosesnya, Ingatkan untuk terus Menulis.

 menulis apapun paling nanti ke cerpen saja atau yang lainnya kita memiliki bulu seperti para ulama para kiai yang terus kitab-kitab nya selalu dan memiliki mutu pada saat menulis bukan saja memperkuat ketulusan cinta semakin bagus tentang sangat kuat juga kualitas tulisan dengan demikian dan terima kasih.

Komentar

  1. Sudah bagus resumenya....catatan sj awal kalimat sy menemukan huruf kecil..tp gpo mungkin hanya slh kerik sj...bravo...

    BalasHapus
  2. Lengkap jelas isi tulisannya. Maaf mungkin lebih bagus ukuran huruf nya sama. Semangat 👋👍

    BalasHapus
  3. Ikut komen ya...

    Isinya sudah lengkap. Tapi, ada sedikit saran. Untuk kalimatnya jangan terlalu panjang. Pakai titik dan koma pada tempat yang benar. Setelah titik, huruf besar.

    Di bawah subjudul Rahasia Sukses Penulis, kalimatnya panjang sekali.

    Oke, begitu saja komentar dan saran saya. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. "Mutivasi" maksudnya motivasi bukan pak?
    Resumenya lengkap, semangat pak...

    BalasHapus
  5. Terimakih semuanya,
    Yg sdh berbagi ilmu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELINTAS Media literasi, Hadir Sebagai Bagian Pelengkap Dari KBMN

SMA PGRI Sindangsono Gelar Ujian Akhir, Siswa Kelas 12

Kebahagian Keluarga Kecil, Menguliahkan Anak Sampai Menyandang Gelar Serjana.