" PENGALAMAN PENULIS SUKSES "

RESUME : 18

MODERATOR : AAM NURHASANAH, S.Pd

NARASUMBER : NUR ALIEM HALVAIMA, SH.MH


Jumat, 14 November 2020 adalah pertemuan ke 18 kelas belajar menulis gelombang 16. Seperti biasa perkuliahan mala mini  membuka  tepat pukul 19.00 WIB. Moderator yang bertugas adalah Ibu Aam Nurhasanah,S.Pd Sedangkan Narasumber adalah Bapak Nur Aliem Halvaima, Sh.Mh.

Nur Aliem Halvaima, Sh.Mh adalah Anak Bugis-Makassar yang dilahirkan 10 Agustus 1960, Anak ke-3 dari 7 bersaudara pasangan Haji Muhammad Bakri Puang Boko - Hajjah Sitti Maryam Puang Mene, yang mempunyai segudang prestasi dan pengalaman.  

 

Prestasi - Prestasi menulis Nur Aliem Halvaima, Sh.Mh, dua kali berturut-turut Juara Lomba Menulis Artikel Bertema Pramuka antar wartawan dan Umum Tingkat Nasional 2011 dan 2013, tengah kesibukannya itu, Nur sebagai blogger masih sempat menulis di blog pribadi, juga aktif membuat konten video di channelnya,

http://www.possore.com/

http://possore.com/

http://www.nurterbit.com/

http://youtube.com/nurterbit


Pengalaman Nur Aliem Halvaima, Sh.Mh,  selama ini  misal, menulis berita, peristiwa, laporan pandangan mata dari lapangan. Ataus istilah jurnalistiknya reportase, Secara tertulis kadang dilengkapi foto dari TKP istilah kepolisian tempat kejadian perkara ke kantor redaksi Koran atau media, Utk tulisan ini, ada kompensasi dari redaksi media, berupa honorarium yg besarnya tergantung kemampuan media, mereka  yang ahli  satu bidang ilmu, bahkan menjadi penulis tetap, yang tentu honornya juga lumayan.

Saat ini media besar seperti Kompas, Majalah Tempo, Republika, Media Indonesia dan beberapa majalah menerapkan standar honor, sayangnya degan datangnya era digital ini, media cetak dan sebangsanya, banyak yang tiarap, Kini era berganti dengan online, media Informasi pun makin banyak pilihan.

    Dari sekian banyak tulisan yg tercecer di mana-mana itulah setelah dikumpulkan akhirnya jadi buku, yang  terbaru diterbitkan YPTD-nya, Mulai  belajar menulis opini, tulisan feature, laporan bersambung, sesekali cerpen percintaan atau tema keluarga, saat pensiun dini, mulai fokus.menulis blog, Kompasiana, mengenal medsos seperti Fb, Twitter, Instagram Dan Youtube.

    Dengan banyak membaca tulisan orang lain,.kita belajar style (gaya) penulisan orang itu bisa.meniru , utuk kemudian akan muncul Gaya khas kita sendiri, satu hal yang patut diingat adalah jangan sampai meniru tulisan orang lain seratus persen, karena  itu sama saja dengan plagiasi, dengan banyak membaca sudah bisa di pastikan :

1.        Memperkaya perbendaharaan kata

2.         Belajar EYD

3.        Menambah wawasan, terutama bgmn format menulis: belajar nyusun pragfraf, huruf sambung dll.

Kunci dalam menulis

1.        Menulis dengan kunci 3D. Tulislah yang D-ialami sendiri, yg D-isukai, yg D ikuasai

2.        Selain yang sudah disebutkan sebelumnya. Rajin baca, nonton TV/film, dengar radio, untu k memperkaya wawasan sbg tabungan ide kalau mau menulis, terutama genre fiksi

3.        PDLS = Peka Dengan Lingkungan Sekitar (KEPO)

4.        TBTO = Terus Belajar atau Baca (dari) Tulisan Orang

5.        TLMM = Terus Latihan Menulis di Media (Medsos)

6.     TILM = Terus Ikut Lomba Menulis, sebagai uji coba sejauh mana kualitas tulisan kita

 


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELINTAS Media literasi, Hadir Sebagai Bagian Pelengkap Dari KBMN

SMA PGRI Sindangsono Gelar Ujian Akhir, Siswa Kelas 12

Kebahagian Keluarga Kecil, Menguliahkan Anak Sampai Menyandang Gelar Serjana.