Resume               : 24

Moderator          : Aam Nurhasanah, S.Pd

Narasumber       : Yulius Roma Patandean, S.Pd

 “Guruku adalah inpiratifku “

 

Aam Nurhasanah dari Lebak Banten, masih bertugas sebagai moderator yang memimpin jalannya diskusi. Adapun narasumbernya adalah Bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd. dari Toraja. 

 

Yulius Roma Patandean, S.Pd., lahir di  Tana Toraja, 6 Juli 1984. Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja 2007, Pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja 2019, sampai Sekarang. 

 

Saat ini mengajar di UPT SMAN 5 Tana Toraja, Prov. Sulawesi Selatan. Pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia. Buku yang telah ditulis: Guru Menulis Guru Berkarya, Penerbit Eduvation 2020. 

 

Pak Yulius adalah salah satu peserta yang bukunya lolos seleksi ke penerbit mayor, dalam program Prof. Ekoji tantangan menulis satu minggu.

 

Digital Transformation: Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia Penerbit ANDI, 2020; Flipped Classroom, Penerbit ANDI, 2020. 

 

Dua buku terakhir adalah buku yang ditulis bersama Prof. Richardus Eko Indrajit Rektor Universitas Pradita, Ketua PGRI Smart Learning and Character Center. 

 

Buku kedua ini salah satu  tulisan kolaborasi dengan prof. Eko  yang akan diterbitkan Penerbit ANDI berjudul FLIPPED CLASSROOM.

    Materi malam ini yang akan di sampaikan oleh Narasumber  adalah terkait teknis penulisan buku. Silahkan simak di video ini.  https://youtu.be/eePQwyHAcjw

https://youtu.be/eePQwyHAcjw

 

        dalam video inibanyak sekali materi yang  kita bisa menyimpulkan seperti:

1.   Cara membuat daftar isi

Daftar isi merupakan urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat 

pada sebuah buku atau bentuk tulisan lainnya, dan daftar isi 

juga menjadi salah satu bagian penting pada penulisan buku atau bentuk karya tulis lainnya.

2.   Kutipan

Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang atau ucapan seseorang yang terkenal baik dalam buku maupun dalam majalah, adapun kutipan itu sendiri adalah bagian dari pernyataan, buah pikiran, difinisi, resume, atau hasil dari penelitian dari penulis lain, atau penulis sendiri, yang sudah terekomendasikan.

 

3.   Indeks

 Indeks berasal dari kata latin yang berarti menunjukkan tempat (indicare) Sedangkan indeks adalah istilah atau daftar kata yang penting dalam suatu buku yang tersusun berdasarkan abjad dimana istilah atau kata ini memiliki informasi mengenai halaman itu ditemukan. Atau dengan kata lain, indeks adalah suatu daftar kata atau bisa berupa frase dimana kata tersebut terkait dengan petunjuk pada bahan yang ditemukan didalam dokumen.

 

4.   Daftar pustaka otomatis

Membuat daftar pustaka otomatis, salah satu bagian terpenting bagi penulis 

misalnya. karya ilmiah, skripsi dan tugas akhir, daftar pustaka mencakup 

informasi 

referensi yang dikutip di karya ilmiah oleh penulis.

 

 

 

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MELINTAS Media literasi, Hadir Sebagai Bagian Pelengkap Dari KBMN

SMA PGRI Sindangsono Gelar Ujian Akhir, Siswa Kelas 12

Kebahagian Keluarga Kecil, Menguliahkan Anak Sampai Menyandang Gelar Serjana.